Sosialisasi Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Media Massa

Pontianak – “UTAMAKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK” adalah tema yang diusung pada pertemuan bersama beberapa media massa dan  eletronik lokal di kota Pontianak, (24/3). Sosialisasi ini bertujuan agar media terbiasa untuk mengunakkan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk sebuah tulisan maupun pemberitaan, serta meminimalkan bahasa asing dalam pemberitaan.  Sosialisasi yang dilaksanakan di Balai bahasa Kalimantan Barat ini juga membahas tentang pengunaan bahasa yang masih keliru, sosialisasi sengaja dilakukan pada jurnalis agar dapat membantu mengedukasi pada masyarakat melalui pemberitaan.

 

 

“Di dalam Undang-Undang tahun 2009 bahasa pengantar itu harus bahasa Indonesia, kalaupun mau mengajarkan siswa bahasa asing atau bahasa daerah, tapi itu sebagai bahasa ajar bukan bahasa pengantar, yang jadi permasalahannya adalah ada beberapa siswa kita yang menggunakan bahasa asing menjadi bahasa pengantar, ” menurut Aminulatif, Kepala Balai Bahasa Kalimantan Barat.

Dengan Sosialisasi ini diharapkan agar para jurnalis dapat menyesuaikan gaya bahasanya sesuai dengan segmentasi media masing-masing, sesuai dengan pedomaan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Ery)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *